Tuesday, June 25, 2013

Maumu itu apa?

Dasar memang otak manusia diberi ini minta itu ketika diberi itu, ini akan diminta. Ada pepatah mengatakan "Seisi dunia kalau dimasukkan keinginanmu, akan tetap kurang. Entah mengapa, apa memang sifat asli manusia atau karena tidak alami tapi terajari.

Aku sendiri seperti itu. Aku punya gebetan. Ketika gebetan ku lihat mengapa ada yang kurang? kurang cantik, kurang tinggi, kurang mancung dan seterusnya. Ketiak aku sudah punya sepeda motor, aku ingin mobil. Ketika saya sudah di bumi, aku ingin pergi ke bulan. Entah kenapa?

Saya ingin sekali merasa cukup. Tetapi secara alamiah aku tidak bisa. cukupku hanya pemaksaan hati. Nah inilah yang disebut Qonaah. Rasa cukup apa yang telah diberikan Allah SWT.

Qonaah penting karena dengan mempunyai sifcat qonaah akan menimbulkan rasa syukur. Sifat qonaah memang tidak bisa muncucl secara tiba-tiba di dalam hati. Sifat ini tentu harus dilatihkan. Awalnya memang sifat ini akan selalu muncul. Selalu kurang-kurang dan kurang. Tetapi dengan memaksaan hati bahwa inilah yang telah dire=izkikan Allah kepadaku. Ini harus aku syukuri.

Tidak munafik memang bahwa kita punya sifat ingin atau menginginkan sesuatu. Karena sifat inilah yang akan membuat manusia ingin berusaha lebih baik. rasa ini tidak sepenhmya salah. Memang akan membuat manusia ge;lisah dan tidak bersyukur, tapi ketika kontrol dari rasa memiliki sesutau. Maka Ada hadist yang mengatakan : Lihatlah ke atas jika itu merupakan keilmuan dan kemajuan. Lihatlah ke bawah jika itu adalah harta dan kedudukan.

Qonaah sangat perlu untuk mengatasi kecintaan akan kedunyaan. Perburuan di dunia ini bukan hanya kehidupan di dunia. Akhirat lebih utama. Qonaah akan menjebatani manusia untuk tidak terlalu mencintai keduniaan.

Qonaah mari kita punya sifat qonaah....

No comments:

Post a Comment