Skip to main content

Tugas Seorang Guru

Alunan murotal bergema di telinga Ust. Nu’man. Gelombang yang merambat melaui udara itu dipantulkan melalui dinding-dinding telinganya. Gelombang longitudinal itu seakan telah beresonansi dengan hatinya. Energi bunyi itu telah dikonversi ke dalam energi listrik dan merambat melalui otak dengan neuron yang kecepatannya setara dengan cahaya. Sejenak kelopak mata melirik ayat-ayat dalam laptop yang menayangkan ke ajaiaban alam dan teksnya. Sesekali Bibirnya berkecap-kecap menirukan ayat-ayat itu. Sekali-kali ia minimize dan melanjutkan menulis soal yang akan diujikan minggu depan kepada siswanya.

ß`»oH÷q§9$# ÇÊÈ   zN¯=tæ tb#uäöà)ø9$# ÇËÈ   šYn=y{ z`»|¡SM}$# ÇÌÈ   çmyJ¯=tã tb$ut6ø9$# ÇÍÈ   ߧôJ¤±9$# ãyJs)ø9$#ur 5b$t7ó¡çt¿2 ÇÎÈ   الخ
1. (tuhan) yang Maha pemurah, 2.yang telah mengajarkan Al Quran.3. Dia menciptakan manusia.4. mengajarnya pandai berbicara. 5. matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan…

Muhammad Nu’man atau Ust. Nu’man murid-murid memanggilnya. Dia adalah seorang guru fisika di Madrasah Tsanawiya (Sederajad dengan SMP). Di daerah Gresik. Dia baru saja lulus S2 pendidikan Sains Universitas Negeri di Surabaya. Dia memang telah lama mengajar di sekolah ini. Sekolah yang pernah membesarkannya. Sekolah ini adalah sekolah asalnya dulu. Dia ingin menjadi dosen. Bulan Januari memang bukan bulan penerimaan dosen baru. Sehingga yang dia lakukan hanya mengajar tiga hari. Hari Sabtu, Minggu, dan Senin. Sedangkan libur bukan hari Minggu tetapi hari Jumat. Setelah itu dia banyak menulis dan hanya mondar mandir di Gresik Surabaya untuk mengisi waktu . Sementara di Surabaya dia memberikan privat fisika.

Pagi yang sejuk. Memang tidak sesejuk ketika di pegunugan. Tetapi  Termometer alkohol berwarna merah  yang tergantung di dinding dekat mejanya menunjukkan angka 250C. Embun-embun pagi itu sangat kelihatan. Daun hijau nampak segar sepeti baru saja mandi. Gaya kohesi dan adesi pada air dan daun nampak indah. Meniskus cembung air menempel dedaunan di taman sekolah. Memang perubahan wujud dari gas menjadi cair itu membuat jendela kantor guru menjadi basah.

Pukul 06.00 WIB Ust. Nu’man telah sampai di kantor sekolah. Dengan sepeda buntut merek Supra x tahun 2002. Dia memarkir sepeda buntut dengan suara yang sudah tidak karuan frekuensinya. Tidak ada seorangpun guru yang datang. Nampak sepi, hanya beberapa kicauan burung-burung geraja kecil diantara didin-dinding sekolah. Memasuki kantor guru yang seakan ruangan kena gempa 6,8 skala rikter. Berantakan tak karuan. Tumpukan buku-buku dan kertas-kertas yang tak berdaya ditindih oleh beratnya buku-buku paket sekitar 6 N.

Meski demikian,  dia tetap harus beres-beres mejanya dan menyapu beberapa lantai persegi yang tebuat dari porselen yang juga tidak begitu kinclong seperti cermin gelap yang akan memantulkan pemantulan difus. Seperti biasa dia menyiapkan semua peralatan untuk mengajar. Kebetulan hari ini dia mengajarkan Materi Hukum Newton. Mulai dari Neraca Pegas, beban, neraca Ohouse serta Lembar Kerja Siswa (LKS) tidak ketinggalan PPT dan animasi film sudah berada pada file Laptopnya. Dia orangnya disiplin. Dia mengusahakan mengajar sesuai dengan skenario. Akibat kedisiplinan dan cara mengajar yang seolah menjadi teman yang mengasikkan bagi siswa membuat banyak siswa cewek dan cowok yang deket dengan Ust. Nu’man.

(06.30 WIB) Tet..tet… Jam pelajaran pertama dimualai. Bunyi bel elektronik itu otomatis layaknya stasion kereta api. Siswa Aliah berpakaian putih yang duduk-duduk sekarang bertaburan lari masuk kelas. Pemandangan ini seperti kumpulan burung dara bertaburan ketika ada orang yang lewat dan memasuki kadang. Pak Nu’man pun akhirnya bergegas menuju kelas VIII B. Di tengah perjalanan ada seorang siswa perempuan yang menghadang dan berkata kepadanya.  

“Ust. Boleh saya bilang sesuatu?”
 “Boleh” kata Ust. Nu’man.
“Aku suka Ust.” Bilang siswi yang di kerudungnya ada namanya (Nabila Ayu) tanpa malu-malu. Dia adalah seorang cewek centil, suka menggoda. Termasuk kepada guru-guru muda.
Sontak kata-kata itu mengagetkan Ust. Nu’man “Nabila kamu masih kelas VIII, tugas kamu sekarang belajar. Bukan saya menolak, kamu cantik. Tetapi kamu masih murid saya. Kamu juga masih terlalu kecil bagi saya.  Selama kamu masih siswa, kamu dan saya adalah siswa dan guru. Nabila, Belajar yang rajin ya!” Nasihat Ust. Nu’man.
“Iya, Ust.” Bilang Nabila dengan nada kecewa.
Di kelas dengan cat Hijau, papan hitam dan putih menggambarkan perbedaan. Siswa-siswa namak duduk rapi berjajar seperti barisan tentara. Sesekali ada yang batuk. Ada juga yang berbisik-bisik dengan teman sebangkunya. Kemudian Ust. Nu’man mengucapkan salam.

Assalamu’alaikum. Anak-anak mari kita berdo’a sebelum memulai pelajaran.” Ajak ustad Nu’man kepada Anak-anak.
Dia menerangkan Tetang Hukum II Newton yang syarat dengan agama.

Anak-anak sekalian yang dicintai Allah. Bagimana bisa sebuah truk besar bermuatan syarat akan dapat dipercepat? Begitu juga manusia, bagaimana bisa manusia banyak dosa akan dapat hidup dalam kemajuan yang dipercepat oleh Allah?Misal ada dua benda diberi gaya yang sama tetapi yang satu massanya besar dan yang satu massanya kecil maka tentu benda yang bermassa kecillah yang akan mengalami percepatan yang besar. Begitu juga manusia jika ingin dipercepat hidupnya sedikitkan dosa dengan cara sering-sering ber istihgfar.

Media yang dibawakan juga tidak kalah menarik dengan ilustrasi di atas. Terutama ketika mempertunukkan tentang film gaya gravitasi Newton. Sir Isac Newton adalah Ilmuan cerdas. Dia bukan dari orang Muslim. Ilmunya membuat kita belajar. Jangan salah kalau Sir Isac Newton dapat hidayah pasti dia masuk Islam, akan tetapi itu belum terjadi padanya. Saya yakin diantara kalaian pasti nanti ada yang menjadi Ilmuan yang akan membuat banyak manfaat untuk Umat Manusia.

 Begitulah Ust. Nu’man mengajarkan tentang ilmu alam dan Agama. Ilmu agama dan Ilmu pengetahuan dua sejoli yang sedang bermesraan dan berhubungan intim. Mereka sebenarnya adalah satu yang dijadikan dua oleh manusia. Mereka saling mendukung karena Allahlah yang menciptakan Alam. Dan Alam adalah bukti kebesaran Allah.

Kelas demi kelas telah dia singgai. Mengamalkan ilmu sungguh mulia, apalagi ilmu agama. Kalau ilmu hanya untuk kepentingan dunia bisa, kalau ilmu hanya untuk kepentingan  akhirat bisa. Kalau ilmu digunakan untuk kepentingan dunia dan akirat, juga bisa. Lalu mengapa tidak yang terahir saja?.

Tet…tet … Waktunya istirahat. Kaca yang basah telah kering, hawa panas membakar ruangan. Gelas air cukup ditaruh di bawah pancoran berwarna biru. Segera setelah ditekan pancoran itu air dingin keluar. Despenser mengingatkan pada Ust. Nu’man tentang kejadian ketika di Lab. Fisika. Yaitu Termostat yang tersentuh oleh teman. Karena alat ini lah pengatur suhu dalam dispenser. Alat ini adalah alat yang dapat mengatur suhu, bila air sangat panas, maka thermostat akan mati, tetapi jika suhu air dingin akan menyala.

Segarnya air memang tidak hany tergantung pada dinginnya air tersebut, tetapi karena hauslah yang membuat air itu Nampak segar. Sambil menikmati air tesebut, dating teman guru yang bernama Ustz. Istiqomah menghamiri. Ustadzh Istiqomah kemudian mengaja ngobrol tentang pengalamannya ketika S2. Ustz. Istiqomah lebih tua satu tahun dengan Ust. Nu’man.

“Ustaz. Kapan menikah?” Tanya Ustz. Iis.
“Belum ada clon Ustz. Apakah Ustzh. Punyya calon?” balik bertanya Ust. Nukman
“Nanti ya, saya carikan” Saut Ustz. Iis. Ustz. Iis sudah mempunayi suami, tetapi suaminya merantau di pulau Irian Jaya.
Ote-ote memang enak. Masakan desa ini membuat Ust. Nu’man harus mengambil lagi dari meja depan yang disediakan untuk guru yang telah selesai mengajar. Dan hanya disuguhkan pada waktu istirahat.

Tet… Tet… jam ke lima dimulai.  Begitu lagi-lagi bel sekolah berbunyi. Guru-gurupun segera melaksanakan tugasnya.  

Bersambung

Comments

Popular posts from this blog

O T O T (Muscle)

Otot merupakan organ tubuh yang menjadi dasar dari gerak (biomekanika). Otot terdiri dari kumpulan serabut-serabut otot (fiber muscle). Serabut otot terdiri dari myofibril, myofibril tersusun dari sacromer yang merupakan kumpulan myofilamen. Myofilamen terdiri dari protein myosin (thick filament) dan actin (thin filament). Protein actin akan menghasilkan troponin dan tropomyosin. Jenis-jenis otot. 1. Otot Rangka (skeletal muscle) Otot rangka disebut juga otot lurik atau otot sadar. Disebut ptpt rangka karena otot-otot ini melekat pada rangka/tulang. Otot rangka terdiri dari banyak serabut, intinya terletak di tepi, terdapat garis gelap dan terang yang sangat jelas. Setiap serabut oto rangka dilapisi sarkolema. Sekitar 15 sampai 30 serabut bergabung dan dilapisi fasiculus dan kemudian dilapisi oleh jaringan ikat perimisum.Setelah itu kumpulan serabut tadi dilapisi oleh jaringan ikat endomisium dan dilapis lagi oleh epimisium. Dalam otot rangka terdapat pigmen yang disebut mioglobin. Oto

Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah: pengetahuan materi fisika kelas X SMA

A. Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika Fisika sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui fenomena dunia di sekitar kita, baik dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah sains yang paling mendasar dan mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep seperti teori relativitas dan kuantum, dan ini mengarah pada penemuan hebat yang belum pernah dibanyangkan sebelumnya bahka oleh penemunya sendiri. Bagaimana memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat bukan lagi hal yang mistis. Komputer dapat dimampatkan sedemikan rupa sehingga ukurannya sangat tipis, lunak, dan transparan. Laser yang digunakan untuk telekomunikasi dapat menjangkau yang terjauh di belahan bumi lainnya. Selain itu fisika telah banyak berjasa terhadap penemuan teknologi yang mengubah kehidupan kita - mulai dari penyembuhan sendi, hingga penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan. Lalu apa itu fisika?

Manusia Misterius

Pada malam sekitar jam 08.30 setelah aku sampai di kos. Sesuatu yang aneh terjadi lagi. Setiap masuk kos selalu ku mencium bau harum. Bau itu mengelitik lalu menyengat kedua lubang hidungku. Setiap kali itu aku harus memutar rekaman cerita di otak yang pernah kudengar saat tadarus di Masjid Al Ikhlas dulu sebelum ngekos. Cerita misterius tentang orang misterius yang sekarang menjadi tetangga kos satu rumah ini. Tengkorak-tengkorak sedang melotot. Dengan satu matanya ditutupi kain hitam. Seolah pasukan dari neraka bajak laut sedang mengintaiku. Mereka merasuk dalam dinding-dinding kamarku. Gelap mendung menyelimuti bumi. Matahari yang sudah terbenam membuat awan sedang memejamkan mata. Suasana semakin mencekam ketika  dinding-dinding graviti itu berbekas seperti darah merah.   Seonggok samurai sudah siap ku gunakan jika tengkorak bajak laut itu menyerang.  Untung lentera neon masih dapat menyala. Semakin jelaslah tengkorak-tengkorak itu hanyalah lukisan bekas anak-anak kreatif denga