Skip to main content

Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah: pengetahuan materi fisika kelas X SMA

A. Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika

Fisika sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui fenomena dunia di sekitar kita, baik dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah sains yang paling mendasar dan mendasar.

Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep seperti teori relativitas dan kuantum, dan ini mengarah pada penemuan hebat yang belum pernah dibanyangkan sebelumnya bahka oleh penemunya sendiri. Bagaimana memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat bukan lagi hal yang mistis. Komputer dapat dimampatkan sedemikan rupa sehingga ukurannya sangat tipis, lunak, dan transparan. Laser yang digunakan untuk telekomunikasi dapat menjangkau yang terjauh di belahan bumi lainnya. Selain itu fisika telah banyak berjasa terhadap penemuan teknologi yang mengubah kehidupan kita - mulai dari penyembuhan sendi, hingga penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan. Lalu apa itu fisika?


B. Ruang lingkup Fisika

 fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kata fisika berasal dari  yuniani, ysikós "alamiah" dan  fýsis "alam"(1). Fisika didefinisikan dengan berbagai sudut pandang antara lain:


  1. Fisika adalah ilmu yang mempelajari materi, energi, dan interaksi di antara keduanya (2)
  2. Fisika adalah ilmu alam yang didasarkan pada eksperimen, pengukuran dan analisis matematis dengan tujuan untuk menemukan hukum fisika kuantitatif untuk segala hal mulai dari nanoworld mikrokosmos sampai planet, sistem tata surya dan galaksi yang menempati makrokosmos (3)
  3. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam

Namun, fisika sering didefinikan seperti definisi yang pertama yaitu studi materi dan energi.
Berarti disini ada dua yang penting yaitu apa itu materi dan apa itu energi?



Materi adalah sesuatu yang mempunyai ruang dan volume. Setiap apapau yang menenpati ruang dan membunyai volume disebut materi. Sebagai contoh bungah apakah materi? jawabannya ia karena dia mempunyai ukuran luas dan tinggi pada kelopak, putik sari, dan seterusnya dan ia juga mempunyai massa. Oleh karena itu, bungah adalah materi. Lalu apa yang tidak termasuk materi, contoh: siang-- siang tidak mempunyai volume dan juga massa, maka siang tidak termasuk materi.

Contoh materi yang di dunia ini sangat banyak dari yang berukuran skala plank 10-34 m sampai skala alam semesta. Perhatikan video berikut ini:



Video 1. materi dari terkecil hingga terbesar

Gambar 1. skala dari atom samapai manusia


Gambar 2. Animasi perubahan energi potensial (PE) ke Energi Kinetik (KE) dan kerja (Work)

C. Metode dan Prosedur ilmiah

Untuk mendapatkan suatu fakta fisika, fisikawan perlu melakukan suatu metode ilmiah. Metode ilmiah adalah sekumpulan teknik untuk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Untuk disebut ilmiah, metode penyelidikan umumnya didasarkan pada bukti empiris atau terukur yang tunduk pada prinsip penalaran tertentu. Kamus Oxford Online mendefinisikan metode ilmiah sebagai "metode atau prosedur yang memiliki karakteristik ilmu pengetahuan alam sejak abad ke-17, yang terdiri dari pengamatan, pengukuran, dan eksperimen sistematis, dan perumusan, pengujian, dan modifikasi hipotesis". Eksperimen perlu dilakukan. Dirancang untuk menguji hipotesis. Percobaan merupakan alat penting dari metode ilmiah(4).

Proses keseluruhan melibatkan pembuatan dugaan (hipotesis), yang menurunkan prediksi dari mereka sebagai konsekuensi logis, dan kemudian melakukan eksperimen berdasarkan prediksi tersebut untuk menentukan apakah dugaan asli benar. [6] Ada beberapa kesulitan dalam rumusan metode rumus. Meskipun metode ilmiah sering disajikan sebagai urutan langkah yang tetap, namun metode ini dianggap lebih baik sebagai prinsip umum. [29] Tidak semua langkah dilakukan dalam setiap penyelidikan ilmiah (atau tingkat yang sama), dan tidak selalu dalam urutan yang sama. Seperti dicatat oleh William Whewell (1794-1866), "penemuan, kecerdasan, [dan] jenius" [11] dibutuhkan pada setiap langkah.

1. Perumusan sebuah pertanyaan
Pertanyaannya bisa merujuk pada penjelasan tentang pengamatan tertentu, seperti "Mengapa langit biru?", Tapi juga bisa terbuka, seperti dalam "Bagaimana saya bisa merancang obat untuk menyembuhkan penyakit khusus ini?" Tahap ini sering melibatkan pencarian dan evaluasi bukti dari percobaan sebelumnya, pengamatan ilmiah pribadi atau asersi, dan / atau karya ilmuwan lainnya. Jika jawabannya sudah diketahui, pertanyaan yang berbeda yang dibangun di atas bukti sebelumnya dapat diajukan. Saat menerapkan metode ilmiah untuk penelitian ilmiah, menentukan pertanyaan yang bagus bisa sangat sulit dan mempengaruhi hasil akhir dari penyelidikan.
2. Hipotesa
Hipotesis adalah dugaan, berdasarkan pengetahuan yang diperoleh saat merumuskan pertanyaan, yang dapat menjelaskan perilaku yang diamati dari sebagian alam semesta kita. Hipotesisnya mungkin sangat spesifik, misalnya, prinsip kesetaraan Einstein atau DNA Francis Crick membuat RNA membuat protein ", [31] atau mungkin luas, misalnya, spesies kehidupan yang tidak diketahui tinggal di kedalaman samudera yang belum dijelajahi. Hipotesis statistik adalah dugaan tentang beberapa populasi. Misalnya, populasi mungkin orang dengan penyakit tertentu. Dugaan mungkin bahwa obat baru akan menyembuhkan penyakit di beberapa orang-orang. Istilah yang umumnya dikaitkan dengan hipotesis statistik adalah hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Hipotesis nol adalah dugaan bahwa hipotesis statistik salah, misalnya, bahwa obat baru tidak melakukan apapun dan bahwa penyembuhan apapun disebabkan oleh efek kebetulan. Periset biasanya ingin menunjukkan bahwa hipotesis nol itu salah. Hipotesis alternatif adalah hasil yang diinginkan, misalnya, obat itu lebih baik daripada kebetulan. Poin terakhir: hipotesis ilmiah harus dipalsukan, yang berarti bahwa seseorang dapat mengidentifikasi kemungkinan hasil eksperimen yang bertentangan dengan prediksi yang disimpulkan dari hipotesis; Jika tidak, itu tidak bisa diuji secara berarti.
3. Prediksi
Langkah ini melibatkan penentuan konsekuensi logis dari hipotesis. Satu atau lebih prediksi kemudian dipilih untuk pengujian lebih lanjut. Semakin tidak mungkin sebuah prediksi akan benar hanya secara kebetulan, maka semakin meyakinkan jika prediksinya terpenuhi; Bukti juga lebih kuat jika jawaban atas prediksi belum diketahui, karena efek bias di belakang (lihat juga postdiction). Idealnya, prediksi juga harus membedakan hipotesis dari kemungkinan alternatif; Jika dua hipotesis membuat prediksi yang sama, mengamati prediksi menjadi benar bukanlah bukti untuk salah satu dari yang lain
4. Pengujian
Ini adalah penyelidikan apakah dunia nyata berperilaku seperti yang diprediksi oleh hipotesis. Ilmuwan (dan orang lain) menguji hipotesis dengan melakukan eksperimen. Tujuan percobaan adalah untuk mengetahui apakah pengamatan dunia nyata sesuai atau bertentangan dengan prediksi yang berasal dari sebuah hipotesis. Jika mereka setuju, keyakinan akan hipotesis meningkat; Jika tidak, itu akan berkurang. Perjanjian tidak menjamin bahwa hipotesis itu benar; Eksperimen masa depan mungkin mengungkapkan masalah. Karl Popper menyarankan para ilmuwan untuk mencoba memalsukan hipotesis, yaitu, untuk mencari dan menguji percobaan yang tampaknya paling diragukan. Sejumlah besar konfirmasi berhasil tidak meyakinkan jika muncul dari eksperimen yang menghindari risiko. [9] Percobaan harus dirancang untuk meminimalkan kemungkinan kesalahan, terutama melalui penggunaan kontrol ilmiah yang sesuai. Misalnya, tes perawatan medis biasanya dijalankan sebagai tes double-blind. Uji personil, yang mungkin secara tidak sadar mengungkapkan untuk menguji subjek yang sampelnya adalah obat uji yang diinginkan dan yang merupakan plasebo, tidak dikenali, yang mana yang mana. Petunjuk semacam itu bisa membasmi tanggapan subjek tes. Selanjutnya, kegagalan suatu eksperimen tidak berarti hipotesis tersebut salah. Eksperimen selalu bergantung pada beberapa hipotesis, misalnya, bahwa alat uji bekerja dengan benar, dan kegagalan mungkin merupakan kegagalan dari salah satu hipotesis tambahan. (Lihat tesis Duhem-Quine.) Percobaan dapat dilakukan di laboratorium perguruan tinggi, di atas meja dapur, di Large Large Collar Collagen milik CERN, di dasar lautan, di Mars (menggunakan salah satu rover kerja), dan seterusnya. . Para astronom melakukan percobaan, mencari planet di sekitar bintang yang jauh. Akhirnya, sebagian besar eksperimen individu membahas topik yang sangat spesifik karena alasan kepraktisan. Akibatnya, bukti tentang topik yang lebih luas biasanya terakumulasi secara bertahap.
5. Analisis
Ini melibatkan penentuan hasil eksperimen dan menentukan tindakan selanjutnya yang akan diambil. Prediksi hipotesis dibandingkan dengan hipotesis nol, untuk menentukan mana yang lebih mampu menjelaskan data. Dalam kasus di mana eksperimen berulang berkali-kali, analisis statistik seperti uji chi-kuadrat mungkin diperlukan. Jika bukti telah memalsukan hipotesis, sebuah hipotesis baru diperlukan; Jika percobaan mendukung hipotesis namun buktinya tidak cukup kuat untuk kepercayaan tinggi, prediksi lain dari hipotesis harus diuji. Begitu hipotesis sangat didukung oleh bukti, sebuah pertanyaan baru dapat diminta untuk memberikan wawasan lebih lanjut mengenai topik yang sama. Bukti dari ilmuwan dan pengalaman lain sering digabungkan pada tahap apapun dalam prosesnya. Bergantung pada kompleksitas eksperimen, banyak iterasi mungkin diperlukan untuk mengumpulkan bukti yang cukup untuk menjawab pertanyaan dengan percaya diri, atau untuk membangun banyak jawaban atas pertanyaan yang sangat spesifik untuk menjawab satu pertanyaan yang lebih luas.


 D.  Keselamatan kerja di laboratorium

Berbagai macam prosedur kerja di laboratorium. Dibawah ini dipilihkan secara umum yang ada di laboratorium (5).
1. Lakukan sendiri secara bertanggung jawab setiap saat di laboratorium.

2. Ikuti semua instruksi tertulis dan lisan dengan saksama. Jika Anda tidak mengerti arah atau bagian dari prosedur, Tanyakan GURU ANDA SEBELUM PROSES DENGAN KEGIATAN.

3. Jangan pernah bekerja sendiri di laboratorium. Tidak ada siswa yang bisa bekerja di kelas sains tanpa kehadiran guru.

4. Saat pertama memasuki ruang sains, jangan sentuh peralatan, bahan kimia, atau bahan lain di area laboratorium sampai Anda diinstruksikan untuk melakukannya.

5. Lakukan hanya eksperimen yang disahkan oleh guru Anda. Ikuti semua instruksi dengan hati-hati, baik tertulis maupun lisan. Eksperimen yang tidak sah tidak diizinkan


6. Jangan makan makanan, minum minuman, atau kunyah permen karet di laboratorium. Jangan gunakan gelas laboratorium sebagai wadah untuk makanan atau minuman.
7. Bersiaplah untuk pekerjaan Anda di laboratorium. Baca semua prosedur sampai memasuki laboratorium. Jangan pernah main-main di laboratorium. Horseplay, lelucon praktis, dan pranks berbahaya dan dilarang.

8. Selalu bekerja di tempat yang berventilasi baik.

9. Amati praktik housekeeping yang baik. Area kerja harus tetap bersih dan rapi setiap saat.

10. Waspadai dan lanjutkan dengan hati-hati setiap saat di laboratorium. Beritahu guru segera tentang kondisi yang tidak aman yang Anda amati.

11. Buang semua limbah kimia dengan benar. Jangan sekali-kali mencampur bahan kimia di saluran pembuangan. Sinks hanya untuk air. Periksa dengan guru Anda untuk membuang bahan kimia dan larutan.

12. Label dan petunjuk peralatan harus dibaca dengan saksama sebelum digunakan. Atur dan gunakan peralatan seperti yang diperintahkan oleh guru Anda.

13. Jauhkan tangan dari wajah, mata, mulut, dan tubuh saat menggunakan bahan kimia atau peralatan laboratorium. Cuci tangan dengan sabun dan air setelah melakukan semua percobaan.

14. Percobaan harus dipantau secara pribadi setiap saat. Jangan berkeliaran di sekitar ruangan, ganggu murid lain, kaget siswa lain atau ganggu eksperimen laboratorium orang lain.

15. Mengetahui lokasi dan prosedur operasi semua peralatan keselamatan termasuk: perlengkapan pertolongan pertama, dan alat pemadam kebakaran. Tahu dimana alarm kebakaran dan pintu keluar berada.

16. Tahu apa yang harus dilakukan jika ada latihan api selama masa laboratorium; kontainer harus ditutup, dan semua peralatan listrik dimatikan
17. Setiap saat bahan kimia, panas, atau gelas digunakan, siswa akan memakai kacamata pengaman. TIDAK ADA PENGECUALIAN ATAS ATURAN INI!

18. Lensa kontak mungkin tidak dipakai di laboratorium.

19. Gaun dengan benar selama aktivitas laboratorium. Rambut panjang, perhiasan menjuntai, dan pakaian longgar atau longgar merupakan bahaya di laboratorium. Rambut panjang harus diikat kembali, dan perhiasan yang tergantung dan pakaian longgar harus diamankan. Sepatu harus benar-benar menutupi kaki. Tidak ada sandal yang diperbolehkan pada hari lab.

20. Lapisan lab atau baju zamrud harus dipakai selama percobaan
21. Laporkan kecelakaan (tumpahan, kerusakan, dll.) Atau luka (luka bakar, dll) kepada guru dengan segera, tidak masalah betapa sepelenya hal itu. Jangan panik.

22. Jika Anda atau rekan lab Anda terluka, segera (dan nyaring) teriakkan nama guru untuk mendapatkan perhatian guru. Jangan panik.

23. Jika bahan kimia harus tercecer di mata atau di kulit Anda, segera siram dengan air mengalir setidaknya selama 20 menit. Segera (dan nyaring) meneriakkan nama guru untuk menarik perhatian guru.
24. Semua bahan kimia di laboratorium dianggap berbahaya. Hindari penanganan bahan kimia dengan jari. Selalu gunakan pinset. Saat melakukan pengamatan, jaga jarak minimal 1 kaki dari spesimen. Jangan mencicipinya, atau mencium bau bahan kimia apapun.

25. Periksa label pada semua botol kimia dua kali sebelum mengeluarkan salah satu isinya. Ambil bahan kimia sebanyak yang Anda butuhkan.

26. Jangan pernah mengembalikan bahan kimia yang tidak terpakai ke wadah aslinya.

27. Jangan pernah membuang bahan kimia atau bahan lainnya dari area laboratorium.'
28. Jangan sekali-kali menangani pecahan kaca dengan tangan kosong. Gunakan sikat dan pengaman untuk membersihkan pecahan kaca. Tempatkan kaca pecah di wadah pembuangan kaca yang ditunjuk.

29. Periksa gelas sebelum digunakan. Jangan sekali-kali menggunakan barang pecah belah, retak, atau kotor.

30. Jika Anda tidak mengerti bagaimana menggunakan peralatan, TANYAKAN GURU UNTUK MEMBANTU!

31. Jangan merendam gelas panas dalam air dingin. Barang pecah belah itu bisa pecah.
32. Jangan mengoperasikan piring panas sendiri. Jaga agar rambut, pakaian, dan tangan aman dari piring panas setiap saat. Penggunaan hot plate hanya diperbolehkan dihadapan guru.

33. Barang pecah belah yang dipanaskan masih sangat panas untuk waktu yang lama. Mereka harus disisihkan di tempat yang ditunjuk untuk didinginkan, dan dijemput dengan hati-hati. Gunakan penjepit atau sarung tangan pelindung panas jika perlu.

34. Jangan pernah melihat ke dalam wadah yang sedang dipanaskan.

35. Jangan menempatkan peralatan panas secara langsung di atas meja laboratorium. Selalu gunakan bantalan terisolasi. Biarkan banyak waktu agar peralatan panas dingin sebelum menyentuhnya.



Sumber:
(1) https://id.wikipedia.org/wiki/Fisika
(2) https://www.ntnu.edu/physics/what
(3) http://www.physics.org/article-questions.asp?id=18
(4) https://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method
(5) http://nobel.scas.bcit.ca/debeck_pt/science/safety.htm

Comments

Popular posts from this blog

O T O T (Muscle)

Otot merupakan organ tubuh yang menjadi dasar dari gerak (biomekanika). Otot terdiri dari kumpulan serabut-serabut otot (fiber muscle). Serabut otot terdiri dari myofibril, myofibril tersusun dari sacromer yang merupakan kumpulan myofilamen. Myofilamen terdiri dari protein myosin (thick filament) dan actin (thin filament). Protein actin akan menghasilkan troponin dan tropomyosin. Jenis-jenis otot. 1. Otot Rangka (skeletal muscle) Otot rangka disebut juga otot lurik atau otot sadar. Disebut ptpt rangka karena otot-otot ini melekat pada rangka/tulang. Otot rangka terdiri dari banyak serabut, intinya terletak di tepi, terdapat garis gelap dan terang yang sangat jelas. Setiap serabut oto rangka dilapisi sarkolema. Sekitar 15 sampai 30 serabut bergabung dan dilapisi fasiculus dan kemudian dilapisi oleh jaringan ikat perimisum.Setelah itu kumpulan serabut tadi dilapisi oleh jaringan ikat endomisium dan dilapis lagi oleh epimisium. Dalam otot rangka terdapat pigmen yang disebut mioglobin. Oto

Manusia Misterius

Pada malam sekitar jam 08.30 setelah aku sampai di kos. Sesuatu yang aneh terjadi lagi. Setiap masuk kos selalu ku mencium bau harum. Bau itu mengelitik lalu menyengat kedua lubang hidungku. Setiap kali itu aku harus memutar rekaman cerita di otak yang pernah kudengar saat tadarus di Masjid Al Ikhlas dulu sebelum ngekos. Cerita misterius tentang orang misterius yang sekarang menjadi tetangga kos satu rumah ini. Tengkorak-tengkorak sedang melotot. Dengan satu matanya ditutupi kain hitam. Seolah pasukan dari neraka bajak laut sedang mengintaiku. Mereka merasuk dalam dinding-dinding kamarku. Gelap mendung menyelimuti bumi. Matahari yang sudah terbenam membuat awan sedang memejamkan mata. Suasana semakin mencekam ketika  dinding-dinding graviti itu berbekas seperti darah merah.   Seonggok samurai sudah siap ku gunakan jika tengkorak bajak laut itu menyerang.  Untung lentera neon masih dapat menyala. Semakin jelaslah tengkorak-tengkorak itu hanyalah lukisan bekas anak-anak kreatif denga