Skip to main content

MIE INSTAN DAN ANAK KOS-KOSAN


Kalau ada anak kos yang masih sekolah atau kuliah, pasti pernah merasakan tidak punya uang. Cara satu-satunya untuk menghemat adalah mengkonsumsi mie instant. Ini dilakukan karena harga nasi bungkus lebih mahal dari pada harga satu mie instant. Satu nasi bungkus berkisar Rp. 5.000,- sampai 6.000,- sementara harga mie instant eceran berkisar Rp. 1.200,- sampai 1.500,-. Tak heran bila harga ini cukup untuk menunggu kiriman dari orang tua atau menunggu gaji, hampir anak kost dapat mengirit Rp. 3.500,- dikalikan dengan tiga hari dan dikalikan satu minggu dan satu bulan. Selain faktor ekonomis, anak kost memilih mie instant karena instannya, selain mengirit, mie instant juga tidak menyita waktu. Hanya kira-kira hanya 2 menit air mendidih dan 3 menit untuk mie matang, mie siap untuk disantap. Apalagi melihat aktifitas anak yang masih sekolah atau kuliah banyak tugas dari dosen/guru.


Di sisi lain, mie instant belum dianggap makanan penuh karena belum mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh. Mie yang terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, tetapi kandungan protein, vitamin, dan mineralnya hanya sedikit. Namun, sifat karbohidrat dalam mie berbeda dengan sifat yang terkandung di dalam nasi. Sebagian karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan karbohidrat dalam mie instant sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, mie instant memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi.
Karena alasan inilah, anak kost atau pembaca harus mengetahui tentang kandungan yang ada di dalam makanan mie instant:
Bahan-bahan baku yang diperlukan dalam pembuatan mie instan dibagi menjadi 3 bagian:
a. Bahan Baku Utama (BBU)
- Tepung terigu, yang baik untuk membuat mie adalah tepung terigu dengan kadar proteinnya 11-14 %.
- Tepung tapioca, bahan pengganti terigu, sehingga bisa menurunkan biaya produksi karena harga tapioka lebih murah daripada terigu.
- Air berfungsi untuk membentuk adonan jika dicampur dengan tepung.
- Kansui (Campuran Natrium karbonat dan Kalium karbonat): Fungsinya untuk mempercepat mie cepat matang ketika dikukus.
- Bahan pengenyal seperti guargum, gum arab atau CMC (Carboxyl Methyl Cellulosa) berfungsi untuk membuat mie menjadi kenyal. Pewarna mie instan yang sering digunakan adalah Tartrazine (CI 19140) juga sering digunakan.

b. Bumbu
Bahan penyedap ada yang berasal dari bahan alami seperti bumbu, herba dan minyak esensial, ekstrak tanaman atau hewan, dan oleorisin. Namun, pada saat ini sudah dapat dibuat bahan penyedap sintesis yang merupakan komponen atau zat yang dibuat menyerupai flavour penyedap alami contoh, aroma bawang putih dapat dihasilkan oleh dialil trisulfida. etiap bungkus mie instan terdapat satu sachet bumbu dan beberapa bahan-
bahan pelengkap lainnya. Flavour yang terdapat dalam kantong bumbu mengandung MSG (Mono Sodium Glutamat), garam, gula, bahan-bahan penggurih sperti HVP (Hydrolized Vegetable Protein) dan yeast extract dan lain-lain. HVP merupakan jenis protein yang dihidrolisa dengan asam klorida atau enzim. Bahan penambah rasa atau flavour yang digunakan pada bumbu akan memberi rasa mie seperti ayam bawang, ayam panggang, kari ayam, soto ayam, baso, berbegu dan sebagainya. (http://www.republika.co.id/berita/23620/Mi_instan)

Flavour yang terdapat dalam kantong bumbu juga mengandung zat pewarna makanan, untuk membuat kaldu atau kuah mie instan menggelitik selera makan konsumen. Zat pewarna yang digunakan adalah zat pewarna yang memiliki mutu food grade dan telah disetujui sebagai zat pewarna yang aman bagi manusia. Solid ingredient adalah bahan-bahan pelengkap berupa sosis, suwiran sayur, bawang goreng, cabe kering dan sebagainya. Kecap juga menggunakan flavour, MSG, bahan pengawet natrium benzoat, kaldu tulang untuk menambah kelezatannnya, sementara chili sauce emulsifier untuk menstabilkan campurannya.

Asam benzoat sangat sedikit larut dalam air dingin tetapi larut dalam air panas, dimana ia akan mengkristal setelah didinginkan; asam benzoat larut dalam alkohol dan eter dan jika direaksikan dengan larutan besi (III) klorida akan membentuk endapan besi (III) benzoat basa berwarna jingga kekuningan dari larutan-larutan netral.

c. Pengemas

Selain itu, di dalam mie instant terdapat kandungan pewarna kuning (Tartrazin). Pada mie instant terdapat juga bahan pengawet dan MSG (Mono Sodium Glutamat) yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker jika dikonsumsi secara belebihan. Pemenuhan kebutuhan gizi mie instant dapat diperoleh jika ada penambahan sayuran dan sumber protein. Jenis sayuran yang dapat ditambahkan adalah wortel, sawi, tomat, kol, atau tauge. Sumber proteinnya dapat berupa telur, daging, ikan, tempe atau tahu. Kelemahan yang lainnya adalah adanya natrium yang tinggi. Natrium yang terkandung dalam mie instant berasal dari garam (NaCl) dan bahan pengembangnya. Bahan pengembang yang umum digunakan adalah Natrium Tripolifosfat, Natrium memiliki efek yang kurang menguntungkan bagi penderita maag dan hipertensi (Anonim, 2009).





Kasus yang baru-baru ini terjadi adalah kasus penarikan produk mie instan merek Indomie di Taiwan . Hal ini dilakukan karena Departemen Kesehatan dan badan pengawas makanan di Taiwan menganggap komposisi kandungan methyl p-hydroxybenzoate berlebih.
Padahal Menurut Kepala BPOM Kustantinah, untuk kasus bahan pengawet pada mi instan, guna melindungi kesehatan masyarakat di Indonesia, batas maksimum penggunaan methyl p-hydroxybenzoate dalam kecap adalah 250 mg/kg (http://fokus.vivanews.com). Setiap negara memiliki batas maksimum penggunaan methyl p-hidroxybenzoate yang berbeda. Amerika dan Kanada menerapkan batas maksimum yang diizinkan 1.000mg/kg, sedangkan di Singapura dan Brunei Darusalam 250 mg/kg serta di Hongkong sebesar 550 mg/kg.
Methyl p-hydroxybenzoate memang diperbolehkan untuk digunakan pada produk kosmetik, produk farmasi atau obat serta produk makanan.

1. Penggunaan untuk kosmetik
Selama lebih dari 80 tahun, metil telah digunakan sebagai pengawet dalam industri kosmetik yang sering ditemukan pada pelembab wajah, produk anti-penuaan, pewarna rambut, produk pemutihan kulit, gel cukur, pembersih wajah, spray, shampo dan conditioner, maskara, eye shadow dan alas bedak.
2. Penggunaan untuk farmasi
Dalam industri farmasi, metil telah digunakan untuk melindungi obat sejak 1924. Metil digunakan untuk anti-bakteri seperti pada antibiotik topikal, kortikosteroid dan obat tetes mata. Beberapa antibiotik seperti penggunaan methylparaben pada penisilin mencegah kontaminasi mikroorganisme.
3. Penggunaan untuk makanan
Karena sifatnya yang anti jamur, metil digunakan sebagai penghambat ragi dalam produk makanan. FDA mengatakan produk ini aman digunakan dalam jumlah kecil. Pada makanan metil ditemukan pada berbagai produk susu beku, minyak dan lemak, selai, sirup dan bumbu-bumbu.
Rumus kimia dari Methyl p-hydroxybenzoate C8H8O3 ,
Sedangkan struktur kimianya adalah
Sebagai pengawet makanan, FDA menggolongkan Methylparaben dalam kategori Generally Recognized as Safe (GRAS). Artinya, bahan kimia ini bisa dan aman untuk digunakan pada sebagian besar produk makanan. Sebagai pengawet makanan, Methylparaben memiliki keunggulan dibanding pengawet lain yaitu lebih mudah larut air. Oleh karenanya, senyawa ini sering dipakai karena dinilai lebih aman saat terlibat kontak dengan cairan. Kelebihan lainnya, Methylparaben tidak hanya mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan instan dan awetan. Lebih dari itu, senyawa ini juga bisa membantu menjaga kestabilan rasa sehingga makanan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Di dalam tubuh, senyawa ini juga relatif aman karena mudah dimetabolisme. Karena mudah diserap, baik melalui saluran pencernaan maupun kulit, senyawa ini juga lebih cepat dikeluarkan dari dalam tubuh. Dalam penggunaan untuk kosmetika, Methylparaben jarang menimbulkan iritasi meski dapat memicu alergi pada sebagian orang. Senyawa ini tergolong senyawa non-toxic, yang tidak beracun sekalipun terserap melalui permukaan kulit maupun pencernaan. Meski ada beberapa penemuan soal bahaya metil namun hingga kini penemuan tersebut belum sepenuhnya diuji. Penelitian Cosmetic Safety Database metil telah dikaitkan dengan kanker, alergi, gangguan endokrin, keracunan atau perubahan tingkat sel. Namun penemuan ini masih harus dibuktikan.

Sementara beberapa penelitian menunjukkan metil dapat bereaksi dengan paparan ultraviolet B sehingga mengakibatkan peningkatan kerusakan DNA dan penuaan kulit. Namun seperti ditegaskan FDA sepanjang jumlah yang dipakai tidak melebihi dosis produk ini cukup aman.
Kesimpulannya bagi anak kost, jangan hawatir mengkonsumsi mie instant. Selama hal itu tidak berlebihan. Hemat itu boleh tapi jangan terlalu pelit dengan kesehatan kita sendiri, bahkan mengobati itu sangat lebih mahal dari pada sekedar irit beberapa ribu. Jadi supaya kita dapat menghemat maka gunakan mie instant dengan tidak secara continuing atau tidak secara terus, paling tidak satu minggu maksimal 2 kali atau tiga kali, selain itu harus ada makanan yang bergizi selain mie.

Daftara Pustaka:
http://apps3.fao.org/jecfa/additive_specs/docs/6/additive-0720.htm 1jan04
http://www.detikhealth.com/read/2010/10/11/120508/1461029/763/apa-itu-zat-pengawet-methyl-p-hydroxybenzoate
http://www.mindfully.org/Food/Additives/Methylparaben.htm
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=150580:bbpom-mie-instan-aman-dikonsumsi&catid=14:medan&Itemid=27
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/10/14/makan-mie-instan-berlebihan-bisa-bikin-usus-bocor

Comments

Popular posts from this blog

O T O T (Muscle)

Otot merupakan organ tubuh yang menjadi dasar dari gerak (biomekanika). Otot terdiri dari kumpulan serabut-serabut otot (fiber muscle). Serabut otot terdiri dari myofibril, myofibril tersusun dari sacromer yang merupakan kumpulan myofilamen. Myofilamen terdiri dari protein myosin (thick filament) dan actin (thin filament). Protein actin akan menghasilkan troponin dan tropomyosin. Jenis-jenis otot. 1. Otot Rangka (skeletal muscle) Otot rangka disebut juga otot lurik atau otot sadar. Disebut ptpt rangka karena otot-otot ini melekat pada rangka/tulang. Otot rangka terdiri dari banyak serabut, intinya terletak di tepi, terdapat garis gelap dan terang yang sangat jelas. Setiap serabut oto rangka dilapisi sarkolema. Sekitar 15 sampai 30 serabut bergabung dan dilapisi fasiculus dan kemudian dilapisi oleh jaringan ikat perimisum.Setelah itu kumpulan serabut tadi dilapisi oleh jaringan ikat endomisium dan dilapis lagi oleh epimisium. Dalam otot rangka terdapat pigmen yang disebut mioglobin. Oto

Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah: pengetahuan materi fisika kelas X SMA

A. Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika Fisika sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui fenomena dunia di sekitar kita, baik dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah sains yang paling mendasar dan mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep seperti teori relativitas dan kuantum, dan ini mengarah pada penemuan hebat yang belum pernah dibanyangkan sebelumnya bahka oleh penemunya sendiri. Bagaimana memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat bukan lagi hal yang mistis. Komputer dapat dimampatkan sedemikan rupa sehingga ukurannya sangat tipis, lunak, dan transparan. Laser yang digunakan untuk telekomunikasi dapat menjangkau yang terjauh di belahan bumi lainnya. Selain itu fisika telah banyak berjasa terhadap penemuan teknologi yang mengubah kehidupan kita - mulai dari penyembuhan sendi, hingga penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan. Lalu apa itu fisika?

Manusia Misterius

Pada malam sekitar jam 08.30 setelah aku sampai di kos. Sesuatu yang aneh terjadi lagi. Setiap masuk kos selalu ku mencium bau harum. Bau itu mengelitik lalu menyengat kedua lubang hidungku. Setiap kali itu aku harus memutar rekaman cerita di otak yang pernah kudengar saat tadarus di Masjid Al Ikhlas dulu sebelum ngekos. Cerita misterius tentang orang misterius yang sekarang menjadi tetangga kos satu rumah ini. Tengkorak-tengkorak sedang melotot. Dengan satu matanya ditutupi kain hitam. Seolah pasukan dari neraka bajak laut sedang mengintaiku. Mereka merasuk dalam dinding-dinding kamarku. Gelap mendung menyelimuti bumi. Matahari yang sudah terbenam membuat awan sedang memejamkan mata. Suasana semakin mencekam ketika  dinding-dinding graviti itu berbekas seperti darah merah.   Seonggok samurai sudah siap ku gunakan jika tengkorak bajak laut itu menyerang.  Untung lentera neon masih dapat menyala. Semakin jelaslah tengkorak-tengkorak itu hanyalah lukisan bekas anak-anak kreatif denga