Skip to main content

Meminang jilid II

Tahu apa yang kurisaukan saat ini? tentu kamu tidak bisa menebaknya. Kuberitahu saja; bahwa yang kuriasaukan adalah tanggung jawabku nanti setelah aku menikah. Bagaimana tidak aku yang tidak berpenghasilan pasti, yang pasti hanya uang 300 ribu dari uang ngajar. Sementara itu uang hasil dari les mungkin satu juta, dua juta bahkan tidak ada seperti sekarang ini (hari2 liburan gak ada les). Bagaimana aku nanti dapat menghidupi keluargaku. Belum lagi hutang seambreg yang akan kuterima jika aku menikah untuk saat ini. 

Tiga minggu lalu aku baru saja mengkhitbah seorang perempuan yang menurut saya dia sholehah. Kenapa demikian? karena dia lulusan pondok. Selama hidupnya hampir semuanya di pondok. mungkin yang tidak di pondok cuma 10 tahun. Ketika dia lulus dari Madrasah Ibtida'iyah dia kemudian hidup di pondok pesantren hingga sekarang. dalam khitbah itu ada dua opsi yang ditawarkan clon mertua. Opsi yang pertama 1. Menikah di bulan ruwah, atau 2. Bulan Besar tapi Ruwah harus bermalam di rumahnya yang akan dihuni. Bilang juru bicara calon mertuaku. Aku sebenarnya gak senang dengan hitungan-hitungan jawa. Tetapi apa boleh buat  orang punya anggapan masing-masing. Hari hitbah ini tidak memutuskan apa-apa.
Aku kadang ragu dengan kondisiku saat ini. Apakah aku bisa mengimbanginya dalam urusan agama? Apakah aku bisa menjadi pemimpin untuknya? pertanyaan-pertanyaan itu sempat berkibar-kibar di pikiran kepala ini. Tetapi yang membuatku tidak berjalan mesin logika ini adalah bagaimana aku bia menghidupinya nanti? Ah sudahlah, inikan namanya hidup ya dijalani saja. Meski demikian masih saja hantu gentayangan berupa ketakutan itu lagi-lagi menakuti di siang bolong ini.

Dua hari setelah menghitbah ada sms datang dari calon masku Adim namanya. "Nasih keluarga dek Khumairo nanti akan membalas lamran dek Nasih hari Minggu tanggla 19 Mei 2013" melihat SMS itu dari handphone berlaar kecil itu membuat  hati ini bertambah berdetak dengan pikiran-pikiran yang aneh-aneh. kehawatiran-kehawatiran semakin memuncak. Iya nama calonku adalah  Khumairo fil Nannah, saya sendiri M. Nasih. Aku kenal ia dari teman yang sengaja menjodohkanku dengannya.

Empat hari sebelum tanggal 19 Mei 2013 tepatnya hari  Rabu tanggal 14, ada SMS lagi yang ke dua sama dari mas Adim  "Nasih keluarga dek Umi tidak jadi, kerumah tanggla 19 Mei besok, mungkin tanggal 2 Juni" melihat SMS tersebut, aku langsung menelpon mas Adim. "Cak kenapa kok tidak jadi?" tanyaku dengan nada mengkonfirmasi. Mas Adim menjawab "Ibuknya dek Khumairo sakit, habis jatuh dari tangga". Akupun segara ingin tahu bagimana keadaannya. tetapi mas Adim bilang ibu tidak apa-apa.

Dek Khumairo sebenarnya punya handphone tetapi jarang sekali dia membalas SMSku. Dia baru saja dibelikan HP oleh cak Adim. Mungkin dia tidak bisa menggunakannya atau apa. yang jelas aku hany berhubungann dengan cak Adim. Aku tidak tahu harus bagaimana hubungan ini. Apakah hubngan ini seperti menikahi orang dalam karung. Aku hanya tahu dari orang lain, tetapi aku sendiri tidak tahu sikap dan kepribadiannya. Semoga niatku yang ingin menikahinya karena dia hafal Al Qur'an memudahkanku memantapkan hati.

Aku coba SMS ke calonku Khumairo " Assalamu'alaikum, dek ibu gak apa-apa?" beberapa kali saya kirim tetapi gak ada balasan. Dalam otakku cuma berpikir bahwa dia tidak bisa menggunakan HP itu. Ku coba SMS dengan kata-kata lain "Dek, ku kesana ya?". Seketika itu juga ada balasan "gak usah". Kemudian ada telpon ke HPku, "Nak Nasih gak usah ke rumah, Ibu tadak apa-apa... tut..tutt.t..
Sambungan tertutup. Akupun tidak jadi ke rumah nya.

Hari-hari berlalu dengan dingin. Dingin bukan karena guyuran embun pagi yang dingin. tetapi SMS yang ku kirim tak lagi berbuah. Entah apa yang harus ku lakukan. Aku hanya berusaha ntuk menyakinkan hati. dan berdoa " ya Allah kalau dia jodohku nikahkan aku dengan nya, jika tidak segerakan ada udur yang membatalkan pernikahan ini.

Aku berpikir tentang pilihan Ruwah atau Besar. mengapa harus ditunda besar kalau ada Ruawah? Pikirku bahwa memang ruwah adalah pilihan terbaik. Tetapi Ruwah tinggal dua bulan. Datang Embakku, "kamu punya simpanan berapa?" Akupun tidak menjawap pertanyaan berikut, karena pertanyaan itu adalah pertanyaan yang menskak mat ku. Lidahku sama sekali tidak berkutik dengan pertanyaan tersebut. Dia bertanya lagi "Apakah kamu siap hutang, sementara kamu belum kerja?".Pertanyaan bertubi-tubi menghantamku sehinggga ku KO. Setelahn hantaman itu aku tidak lagi berani memikirkan untuk menikah di Bulan Ruawah. Aku harus mempertanahkan bulan Besar.

Sekarang Tanggal 2 Juni 2013, tepat hari Minggu. Keluarga khumairo datang ke rumahku. Persiapan menyambut tamu sudah dari dua hari yang lalu. berjajar makanan dan minuman disediakan. dengan tikar seadanya. Ruang tamu berbentuk persegi yang ukurannnya 4 x 6 m itu siap untuk menyambut tamu. Aku mondar-mandir dari sana-sini mengurusi urausan hantar-menghanta. Sementara itu ada telpon masuk " Nasih aku lupa jalan masuk desamu, bisa tidak aku dijemput di depan SMAN 1?"   "Iya cak". Akupun bergegas mengendari motor dengan jalan yang becek kuterjang tak perduli lumpur dan kotoran disetiap jalan. Aku melihat mobil EL 300 di depan SMA sopir memberi tanda bahwa aku disirih ke depan memandu rombongan.

Akhirnya rombingan tiba di rumah kecilku. Ketika salah seorang pimpinan rombongan menginjakkankai. ada pemandangan yang aneh. Mereka berbelok ke utara rumah lain dan berkerumun disana. Aku sendiri heran, apa yang terjadi?.
Setelah itu mereka kembali menuju rumahku. Kemudian toko agama yang sekaligus modin memberikan sambutan kepada rombongan tentang ucapan ma'af dengan suguhan seadanya, fasilitas seadanya, dan kondisi serba seadanya. terimakasih pun tidak lupa diucapkan pak mudin. Seakarang tiba giliran rombongan clon orang tuaku. Dia membalas terimaksih dan ma'af bila merepotkan. Dan memberi tahu bahwa kejadian tadi terjadi karena keluarga ada meninggal. jadi rombongan tidak bisa berlama-lama. kemudian diambilah keputusan untu mengambil sikap. Pertama dari mudin desa ku bertanya "apakah dari pihak situ sudah memiliki tanggal?" juru bicara rombongan berbalik melontarkan "Tanggal kami serahkan kepada laki-laki". pak mudinpun menghadap ke saya. dan bertanya kapan? Dari beberapa pertimbangan akhirnya kuputuskan besar. Akhirnya dihitung oleh pihak sana bahwa yang baik adalah besar itu tanggal 24 Oktober 2013.

Putusan harus dilaksanakan kecuali Allah tidak mengizinkan. Semoga Allah memberi kelancaran sega la rencana dan mempermudah jalan untuk menjalankan sunnah rasul-Nya. Aminnnn

  



Comments

Popular posts from this blog

O T O T (Muscle)

Otot merupakan organ tubuh yang menjadi dasar dari gerak (biomekanika). Otot terdiri dari kumpulan serabut-serabut otot (fiber muscle). Serabut otot terdiri dari myofibril, myofibril tersusun dari sacromer yang merupakan kumpulan myofilamen. Myofilamen terdiri dari protein myosin (thick filament) dan actin (thin filament). Protein actin akan menghasilkan troponin dan tropomyosin. Jenis-jenis otot. 1. Otot Rangka (skeletal muscle) Otot rangka disebut juga otot lurik atau otot sadar. Disebut ptpt rangka karena otot-otot ini melekat pada rangka/tulang. Otot rangka terdiri dari banyak serabut, intinya terletak di tepi, terdapat garis gelap dan terang yang sangat jelas. Setiap serabut oto rangka dilapisi sarkolema. Sekitar 15 sampai 30 serabut bergabung dan dilapisi fasiculus dan kemudian dilapisi oleh jaringan ikat perimisum.Setelah itu kumpulan serabut tadi dilapisi oleh jaringan ikat endomisium dan dilapis lagi oleh epimisium. Dalam otot rangka terdapat pigmen yang disebut mioglobin. Oto

Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah: pengetahuan materi fisika kelas X SMA

A. Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika Fisika sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui fenomena dunia di sekitar kita, baik dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah sains yang paling mendasar dan mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep seperti teori relativitas dan kuantum, dan ini mengarah pada penemuan hebat yang belum pernah dibanyangkan sebelumnya bahka oleh penemunya sendiri. Bagaimana memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat bukan lagi hal yang mistis. Komputer dapat dimampatkan sedemikan rupa sehingga ukurannya sangat tipis, lunak, dan transparan. Laser yang digunakan untuk telekomunikasi dapat menjangkau yang terjauh di belahan bumi lainnya. Selain itu fisika telah banyak berjasa terhadap penemuan teknologi yang mengubah kehidupan kita - mulai dari penyembuhan sendi, hingga penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan. Lalu apa itu fisika?

Manusia Misterius

Pada malam sekitar jam 08.30 setelah aku sampai di kos. Sesuatu yang aneh terjadi lagi. Setiap masuk kos selalu ku mencium bau harum. Bau itu mengelitik lalu menyengat kedua lubang hidungku. Setiap kali itu aku harus memutar rekaman cerita di otak yang pernah kudengar saat tadarus di Masjid Al Ikhlas dulu sebelum ngekos. Cerita misterius tentang orang misterius yang sekarang menjadi tetangga kos satu rumah ini. Tengkorak-tengkorak sedang melotot. Dengan satu matanya ditutupi kain hitam. Seolah pasukan dari neraka bajak laut sedang mengintaiku. Mereka merasuk dalam dinding-dinding kamarku. Gelap mendung menyelimuti bumi. Matahari yang sudah terbenam membuat awan sedang memejamkan mata. Suasana semakin mencekam ketika  dinding-dinding graviti itu berbekas seperti darah merah.   Seonggok samurai sudah siap ku gunakan jika tengkorak bajak laut itu menyerang.  Untung lentera neon masih dapat menyala. Semakin jelaslah tengkorak-tengkorak itu hanyalah lukisan bekas anak-anak kreatif denga