Skip to main content

“Merdeka atau Mati!”

Judul itu senada dengan judul makan atau kelaparan!, minum atau kehausan!, berpakaian  atau telanjang!, menikah atau zina!, sholat atau masuk neraka!, belajar atau bodoh!, bekerja atau tidak punya uang!, tanya/membaca atau tersesat!.
Solusi supaya tidak mati (sia-sia) adalah merdeka. Meski dalam merebut kemerdekaan banyak pejuang yang mati. “Merdeka atau mati!” merupakan pernyataan pilihan . Meskitpun memilih merdeka tetapi belum tentu kematian tidak terpilih juga. Tetapi paling tidak dengan memilih kemerdekaan, anak cucunya akan merdeka. Biarlah aku mati, anak dan cucuku akan menikmati. Seboyan merdeka atau mati memang luar biasa nilai perjuangannya.
Jika memilih mati, maka itu adalah suatu keputusasaan. Padahal dalam agama tidak boleh seseorang putus asa dengan rahmat Allah. Ini sulit, seseorang diminta selalu bersyukur dengan pemberian Allah dan selalu berusaha. Sekali usaha gagal, usaha lagi gagal lagi. Seharusnya dia tetap berusaha lagi, karena perinta Allah untuk tidak putus asa dengan rahmatNya.  Jadi merdeka atau mati mengandung arti untuk terus berusaha dan tidak kenal putus asa.
Merdeka atau mati juga dapat diartikan bahwa merdeka harus direbut dari penjajah meski resikonya mati. Hal ini tentu bernilai keberanian. Berani untuk mati, hanya untuk kemerdekaan pertiwi. Keberanian sangat dianjurkan dalam islam. Keberanian akan memicu semangat untuk tetap maju. Berjika lembek ataupengecut hanya membuat musuh menjadi sombong dan takabur. Sehingga berdosa seseorang yang menjadikan orang lain sombong. Kalau ada orang sombong kita wajib melebihi dia dan mengatakan bahwa kamu tidak ada apa-apanya dari pada sang Pencipta Alam dan isinya.
Merdeka atau mati juga mengandung makna kepasrahan. Kepasrahan yang luar biasa, mati atau hidup adalah kehendak Allah SWT. Kalau belum waktunya mati, di bompun tak akan mati. Kalau sudah waktunya mati, tidak ada yang dapat memundurkannya atau memajukannya. Hemm... Memang kepasrahan aau tawakal itu tidak lepas dari usaha, kepasrahan itu setelah usaha. Kita tidak sepenuhnya hanya pasra. Kita harus berusaha, hasilnya kita pasrahkan pada Yang Menentukan Taqdir.
Pakailah prinsip merdeka atau mati. Merdeka adalah kepastian selama kematian dalam keadaan khusnul khotimah. Sedangkan kematian adalah kepastian meski kita merdeka atau tidak merdeka karena semua manusia akan mati. Kemerdekaan sejati ketika Allah memasukkan dalam surganya. Kemerdekaan di dunia bukanlah ukuran. Tetapi ingat matilah yang akan mengingatkan kita pada akan adanya hari pembalasan dimana kebebasan Allah untuk menilai tanpa ada interfensi dari manapun untuk tidak adil. Manusia tidak akan merdeka bila dia penuh dosa. Sebaliknya Allah akan membebaskan kita dari ketidak merdekaan kalau kita sudah tidak punya dosa lagi.
Merdeka bukan berarti bebas dari segalanya. Karena bebas dari segalanya itu juga bukan merdeka namanya. Merdeka berarti adanya aturan yang tidak merugikan. Merdeka berarti bebas dari ketidak adilan. Merdeka berarti bebas tetapi mentaati. Budak belum merdeka, maka budak itu mengalami ketidak adilan. Dia bekerja tanpa upah, dia melakukan keinginannya tidak diperbolehkan.


Mati adalah tercabutnya nyawa yang membuat semua organ tidak berfungsi lagi. Ketika manusia mati maka jasad hanyalah seonggok benda yang akan hancur dan membusuk. Mati tidak bisa ditunda atau dimajukan. Kematian adalah hal yang misteri, tidak ada yang atahu kapan manusia akan dicabut nyawanya oleh malaikat izroil.  Siapa yang tidak bisa mati?, maka sadar sebelum dikubur di dalam peti atau kayu jati, atau tanah liat yang cacingnya sudah menanti. Memang ada mati dikremasi/ mati di laut di makan hiu, mati di udara tersangkut pohon. tapi ruh sudah dijabut dari jasad. Itulah mati namanya. Masih kah sombong, dengki, riya’, atau penyakit lainya akan tetap diteruskan? Masihkan kita berbuat kejelekan kalau ujung-ujungnya juga mati? Mati menyadarkan manusia untuk mengingat bahwa yang Maha pembuat hidup akan mencabutnya dan akan diminta kembali ruh yang telah dipinjamkan kepada manusia. Ya mati... Ingatlah mati.
Merdeka atau mati. Kalau tidak merdeka belum boleh mati. Kalau mau mati merdeka dulu. Merdeka dari dosa. Mati membawa amal ibdah. Merdeka ayo merdeka merebut dari kekangan hawa nafsu dan syetan-syetan yang terkutuk.





Comments

Popular posts from this blog

O T O T (Muscle)

Otot merupakan organ tubuh yang menjadi dasar dari gerak (biomekanika). Otot terdiri dari kumpulan serabut-serabut otot (fiber muscle). Serabut otot terdiri dari myofibril, myofibril tersusun dari sacromer yang merupakan kumpulan myofilamen. Myofilamen terdiri dari protein myosin (thick filament) dan actin (thin filament). Protein actin akan menghasilkan troponin dan tropomyosin. Jenis-jenis otot. 1. Otot Rangka (skeletal muscle) Otot rangka disebut juga otot lurik atau otot sadar. Disebut ptpt rangka karena otot-otot ini melekat pada rangka/tulang. Otot rangka terdiri dari banyak serabut, intinya terletak di tepi, terdapat garis gelap dan terang yang sangat jelas. Setiap serabut oto rangka dilapisi sarkolema. Sekitar 15 sampai 30 serabut bergabung dan dilapisi fasiculus dan kemudian dilapisi oleh jaringan ikat perimisum.Setelah itu kumpulan serabut tadi dilapisi oleh jaringan ikat endomisium dan dilapis lagi oleh epimisium. Dalam otot rangka terdapat pigmen yang disebut mioglobin. Oto

Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah: pengetahuan materi fisika kelas X SMA

A. Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika Fisika sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui fenomena dunia di sekitar kita, baik dunia di dalam diri kita, dan dunia di luar kita. Ini adalah sains yang paling mendasar dan mendasar. Fisika menantang imajinasi kita dengan konsep seperti teori relativitas dan kuantum, dan ini mengarah pada penemuan hebat yang belum pernah dibanyangkan sebelumnya bahka oleh penemunya sendiri. Bagaimana memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat bukan lagi hal yang mistis. Komputer dapat dimampatkan sedemikan rupa sehingga ukurannya sangat tipis, lunak, dan transparan. Laser yang digunakan untuk telekomunikasi dapat menjangkau yang terjauh di belahan bumi lainnya. Selain itu fisika telah banyak berjasa terhadap penemuan teknologi yang mengubah kehidupan kita - mulai dari penyembuhan sendi, hingga penyembuhan kanker, hingga pengembangan solusi energi berkelanjutan. Lalu apa itu fisika?

Manusia Misterius

Pada malam sekitar jam 08.30 setelah aku sampai di kos. Sesuatu yang aneh terjadi lagi. Setiap masuk kos selalu ku mencium bau harum. Bau itu mengelitik lalu menyengat kedua lubang hidungku. Setiap kali itu aku harus memutar rekaman cerita di otak yang pernah kudengar saat tadarus di Masjid Al Ikhlas dulu sebelum ngekos. Cerita misterius tentang orang misterius yang sekarang menjadi tetangga kos satu rumah ini. Tengkorak-tengkorak sedang melotot. Dengan satu matanya ditutupi kain hitam. Seolah pasukan dari neraka bajak laut sedang mengintaiku. Mereka merasuk dalam dinding-dinding kamarku. Gelap mendung menyelimuti bumi. Matahari yang sudah terbenam membuat awan sedang memejamkan mata. Suasana semakin mencekam ketika  dinding-dinding graviti itu berbekas seperti darah merah.   Seonggok samurai sudah siap ku gunakan jika tengkorak bajak laut itu menyerang.  Untung lentera neon masih dapat menyala. Semakin jelaslah tengkorak-tengkorak itu hanyalah lukisan bekas anak-anak kreatif denga